Bupati Faida Perankan RT / RW

JEMBER- Tak banyak di negeri ini, sekelas bupati sampai mau mengukuhkan (Melantik) Ketua RT dan RW. Apalagi, pelantikan digelar di kantor kelurahan. Namun tidak dengan Bupati Faida. Meski di hari libur, dia merelakan waktu di luar dinas untuk memberi penghargaan tinggi pada Ketua RT / RW se-Keluruhan Gebang, Patrang, Minggu (28/7).

Data yang berhasil dihimpun Indikatoronline, ada sebanyak 154 RT/RW Kelurahan Gebang, yang dikukuhkan Bupati Faida. Mereka tak hanya disahkan sebagai ketua, melainkan juga diperankan untuk pelayanan publik khusus duafa, seperti realisasi Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Bupati Faida mengakui peran penting Ketua RT/RW di masing-masing lingkungan. Bahkan katanya, mereka ujung tombak penyambungkan program pemda untuk dikomunikasikan dengan masyarakat. “Saya hadir karena perlu bertemu dengan RT/RW,” katanya.

Dia menyampaikan, melalui spirit Ketua RT/RW, seluruh rumah tidak layak huni di Kelurahan Gebang, serta urusan Adminduk, dan sidang nikah isbad bagi yang belum punya surat atau berkas-berkas pernikahan, bisa dituntaskan dengan baik. “Saya senang karena RT/RW-nya semangat, serta masyarakat mempunyai kepercayaan yang sama kepada laki-laki dan permpuan yang buktinya, banyak RT/RW perempuan di Kelurahan Gebang,” paparnya.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Kelurahan Gebang Sugiartono bahwa tujuan penyelenggaraan tersebut adalah sebuah kedekatan masyarakat dan bupati, kekompakan RT/RW bersinergi dengan kelurahan, Muspika dan Pemerintah Daerah. “Jadi RT/RW tentunya membantu program pemerintah termasuk melaksanakan 22 janji kerja Bupati bisa terimplementasi oleh RT/RW,” katanya.

Ketua RW perempuan di kelurahan tersebut, Ninyoman Budiare,  merasa bangga karena baru pertama ini pengukuhan RT/RW dilakukan oleh Bupati Jember, serta dipercaya sebagai kepanjangan tangan dari Bupati, Muspika, dan Kelurahan. “Saya dipercaya masyarakat untuk membantu kesulitan-kesulitan warga, dan untuk pesan Bupati saya akan berusaha dan pasti bisa melaksanakannya,” katanya.

Perlu diketahui, kepedulian Bupati Faida kepada Ketua RT/RW di Jember, sejatinya tidak hanya ditunjukkan kali ini. Beberapa waktu lalu, Bupati Faida juga pernah menggelar Kongres RT/RW di sejumlah titik di wilayah Jember. Bahkan, honor RT/RW naik hingga menjadi empat kali lipat karena kebijakan Bupati Faida. (Samsul Arifin)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password