Sungai Bukan Tempat Sampah Berjalan

AJUNG – Sungai harusnya bersih dari sampah. Supaya air yang mengalir di sungai, bisa dimanfaatkan masyarakat. Namun tidak di pengairan Kali Bessuk yang ada di Ajung.

Pantauan wartawan di sungai yang ada di RT 01, RW 04, Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Ajung, dipenuhi sampah rumah tangga. Apalagi lokasi yang ada di bawah jembatan.

Hendarto, warga setempat menyebut, banyaknya sampah di sungai sekitar rumahnya tersebut, tak lain dari ulah tangan orang tak bertanggung jawab, yang membuang sampah seenaknya. “Mereka naik motor. Bawa kresek, lalu sampahnya dibuang ke sungai,” ungkapnya.

Dia dan warga di sekitar sungai, mengeluhkan ulah seenaknya pembuang sampah di sungai. Sebab katanya, yang menanggung bau tidak sedap dari sampah sungai itu, dia dan warga di sekitaran sungai. “Kalau banjir sih tidak. Tapi baunya tidak sedap dan khawatir rawan penyakit,” katanya.

Supaya ada efek jera, Hendarto, meminta supaya pemerintah berani memberi sanksi bagi pembuang sampah sembarangan di sungai. Namun dia juga meminta solusi, agar pemerintah sanggup menyediakan tempat sampah yang memadai. “Sehingga tidak ada lagi yang membuang sampah di sungai,” pungkasnya. (pewarta : kholil)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password