Tertinggal 3 Pejabat Hasil Open Bidding

JEMBER – Dua hari usai libur lebaran, Bupati Faida merotasi dua pejabat produk open bidding, Selasa (11/6). Kedua pejabat itu Ruslan Abdul Gani dan Yuliana Harimurti.

Sebelumnya, Ruslan menduduki kursi ekselon dua dari yang sebelumnya camat, tak lain karena lolos open bidding sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Pemkab Jember. Kini, Ruslan menduduki kursi Kepala Badan Pendapatan Daerah, karena pejabat sebelumnya Isman Sutomo, memasuki masa pensiun.

Sedangkan Yuliana, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dipindah menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat Ruslan. Sehingga praktis, tinggal tiga prjabat tersisa hasil open bidding.

Ketiga pejabat hasil open bidding itu Sekda Mirfano, Kepala Dinas Sosial Isnaini Dwi Susanti dan Kepala Bappekab Fauzi.

Meski demikian, saat dikonformasi wartawan Indikator, Bupati Faida mengaku tak kapok melakukan open bidding. Bahkan katanya, tidak lama lagi Pemkab Jember kembali melakukan seleksi lelang jabatan terbuka serupa. “Pansel (Panitia seleksi, Red) sudah kami siapkan,” akunya.

Para pejabat yang diikutkan open bidding, bakal mengisi sejumlah kursi kepala OPD yang kini kosong dari pejabatnya. “Kami meyakini open bidding cara terbaik menunjuk pejabat tanpa KKN,” tegasnya.

Saat ditanya kenapa hasil open bidding masih saja dimutasi?, bagi Bupati Faida itu suatu hal yang lumrah di pemerintahan. Sebab sejatinya, organisasi pemerintahan juga butuh penyegaran. Namun katanya, rotasi tersebut tak sembarangan. Melainkan hasil dari sebuah assesment yang panjang dan obyektif.

Masih kata Bupati Faida, open bidding cara paling efektif menjaring calon pejabat potensial berintegritas. Sebab katanya, ASN berusia muda yang memiliki kompetensi, bisa langsung naik jabatan dengan pola akselerasi. “Saya jamin, tidak ada jual beli jabatan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, selain dua kepala OPD yang mutasi, ada beberapa camat yang dipindah tugaskan. Beberapa ekselon empat pun juga dirotasi. (Rully Efendi)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password