DTS Gratis, Alumni Ditunggu 113 Perusahaan

JEMBER- 113 industri memanfaatkan alumni Digital Talent Scholarship (DTS) bersertifikasi. Pendaftaran DTS 2019 sudah dibuka untuk semu orang serta Disabilitas dan Gratis tanpa bayar sepeserpun, kamis (9/5/2019).

Kepala UPT. BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani menerangkan bahwa DTS adalah program beasiswa pelatihan intensif bagi 25.000 peserta yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam menyongsong revolusi industri 4.0. “Jadi program DTS ini goalnya nanti sertifikasi Internasioanal yang dikeluarkan oleh Litbang SDM Kominfo,” katanya.

Program DTS ada empat kategori, antara lain vocational school graduate academy (vsga) yang pesertanya itu lulusan SMK TIK yang akan dilaksanakan selama 1 bulan, bertempat di Poltek Jember. Kategori fresh graduate academy (fga) yang pesertanya dari lulusan D3, D4, S1, S2 bidang TIK dan Mipa yang bertempat di ITS, UB, dan Universitas Surabaya. “Kuota peserta vsga sebanyak 5.225 peserta dan fga 6.075 peserta untuk seluruh Indonesian,” kata Eka Handayani.

Kategori online academy (oa) bisa diikuti oleh PNS maupun Non PNS, bahkan masyarakat umum juga bisa ikut, dan yang terahir katagori coding teacher academy khusus guru SMK dan SMA jurusan TIK dan mengajar TIK. “Peserta dari kategori vsga, fga, dan oa yanf belum kerja maka masuk data base Kemkominfo dan akan kami pertemukan dengan industri,” tutur Kepala UPT. BPSDMP kominfo Surabaya.

Eka Handayani menjelaskan bahwa ada 113 industri yang memanfaatkan alumni Digital Talent scholarship (DTS) bersertifikasi. Program tersebut merupakan kebutuhan Kemkominfo karena Indonesia perlu meningkatkan keterampilan masyarakat. “Kami bersyukur bisa didukung oleh Bupati Faida untuk mengajak masyarakat memanfaatkan DTS karena gratis dan diajari langsung oleh cisco dan microcoft,” jelasnya.

Eka Handayani menyampaikan bahwa peluang kedepannya itu ada 2,1 juta jenis pekerjaan baru yang tidak bisa deteksi. Jenis pekerjaan terbaru itu semuanya digitalisasi yang perlu Kemkominfo dan Pemda Jember antisipasi mulai dari sekarang. “Bupati Jember sangat keren dan luar biasa karena banyak strategi-strategi dan mempersiapkan masyarakatnya untuk menghadapi revolusi industri 4.0,” sampainya.

Perlu diketahui bahwa untuk pendaftaran online & informasi lebih lanjut bisa ketik “digitalent.kominfo.go.id” yang berakhir sampai 19 Mei 2019. (Samsul Arifin)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password