Cara Muspika Kaliwates Kurangi Golput

JEMBER- Kecamatan Kaliwates mempunyai cara tersendiri untuk menarik partisipasi masyarakat dalam Pemilu pada tanggal 17 April 2019. TPS yang unik dan partisipasi pemilih tinggi maka akan mendapatkan hadiah, rabu (17/4/2019).

Menurut Camat Kaliwates Gatot Triyono bahwa lomba tersebut bertujuan untuk angka golput itu sangat kecil tetapi partisipasi masyarakat untuk mencoblos itu besar. “Untuk memberikan motivasi kepada KPPS, sehingga para pemilih berantusias untuk datang ke TPS,” katanya.

Jumlah TPS di Kecamatan Kaliwates sebanyak 362 TPS, yang ikut dalam lomba TPS terunik sekitar 32 TPS, dan untuk lomba TPS dengan partisipasi tertinggi diikuti oleh semua TPS di Kecamatan Kaliwates. “Ini bertujuan untuk mengurangi golput yang ada,” kata Gatot.

Biaya para TPS yang mengikuti lomba TPS terunik merupakan biaya dari mereka sendiri, dalam lomba tersebut mereka merebutkan hadiah sebesar Rp. 2 juta bagi juara 1 TPS terunik,” tutur Gatot Triyono.

Camat Kaliwates, Gatot Triyono berpesan kepada semua warga untuk menjaga kondisi wilayah terutama di Kecamatan Kaliwates, beda pilihan biasa tetapi jangan sampai ada gesekan dan yang lainnya. “Gunakan hak pilih sebaik-baiknya sesuai dengan hati nurani sendiri,” harapnya.

Kriteria TPS terunik dinilai dari tema, keserasian tema, hiasan TPS, keserasian seragam KPPSnya. Sedangkan bagi partisipasi pemilih terbanya tinggal melihat dari jumlah data yang memilih, dan hadiah yang diberebutkan sebesar Rp. 2 juta. “Hadiah untuk pemenang TPS tersebut merupakan suatu kepedulian dari muspika Kecamatan Kaliwates untuk memberi semangat kepada KPPS dan mengurangi angka golput,” tutur Camat Kaliwates. (samsul)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password