Produk Lokal Jember Akan Diperbupkan

JEMBER- Pemerintah Kabupaten Jember akan mengeluarkan tentang Perbup produk lokal, dimana perbup tersebut akan mengakomudir produk-produk lokal di Kabupaten Jember, senin (4/3/2019).

Menurut Bupati Jember dr. Faida bahwa produk lokal Jember harus digunakan oleh semua pihak untuk menggunakan produk lokal dalam kesehariannya. “Contoh oprasional yang menggunakan APBD wajib menggunakan produk lokal, maka berapa perputarannya perekonomian di masyarakat,” katanya.

Peraturan Bupati (Perbup) akan disahkan pada tahun 2019 ini, dan dalam perbub akan ditegaskan bagi UMKM yang tidak mempunyai modal akan difasilitasi oleh Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang jaminannya adalah pekerjaannya sendiri. “Lebih baik orang itu kondisinya mempunyai keterampilan tapi tidak punya uang dari pada punya uang tidak punya keahlian,” jelas Bupati Faida.

Tahun 2019 Pemkab Jember akan menurunkan 25 ribu KUR untuk usaha-usaha, dan UMKM yang dinilai tidak mampu memenuhi syarat perbankan (bankable) juga bisa mendapatkan KUR. “Bagi UMKM yang Bankable akan menggunakan jaminan usahanya untuk memdapatkan KUR, Bupati dan Wakil Bupati nanti akan menjadi avalis atau penanggung jawab,” Tegasnya. (samsul)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password