Ratusan Santri Ikuti Ujian Kelulusan

JEMBER- Sebanyak 185 santri dari 13 TPQ se Kecamatan Rambipuji mengikuti Pra Munaqosah yang diselenggarakan di Kantor persatuan guru taman pendidikan Al-Qur’an (PG-TPQ) TPQ Al-Bayan Rambipuji. Dusun Gumuk Gebang , Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji Jember pada Selasa Pagi (05/2) waktu setempat.

Ketua PG-TPQ, Ustad Amin Thohari mengatakan pra munaqosah merupakan titik permulaan ujian pertengahan sebelum Munaqosah seorang santri di TPQ untuk menentukan lulus atau tidaknya seorang santri setelah mengenyam pendidikan agama di TPQ selama beberapa tahun. “Jika nanti setelah mengikuti pra munaqosah dinyatakan lulus oleh penguji, maka santri tersebut sudah bisa melanjutkan ujian akhir dan mendapatkan sertifikat kelulusan dan bisa melanjutkan pada jenjang pendidikan agama yang lebih tinggi,” kata Amin, di kantornya.

 

Ustad Amin menambahkan pelaksanaan pra munaqosah bertujuan sebagai evaluasi kurikulum pelajaran yang diprogramkan oleh Lembaga pendidikan Ma,Arif NU Kabupaten Jember dengan metode Allimna dalam mendidik generasi muda yang beriman.
“Sekaligus untuk melihat sejauh mana keberhasilan pencapaian kurikulum yang ada, serta ingin melihat seperti apa para santri mampu mengerjakan sholat dengan benar, membaca Al Qur’an dan menghapal surat-surat pendek sampai pada do’a sehari-hari,” jelasnya.

 

Menurutnya pelaksanaan kegiatan pra munaqosah ini juga merupakan suatu upaya dalam rangka memperoleh data tentang perkembangan, perubahan-perubahan dan kemajuan para santri dalam mengikuti proses pembelajaran guna mencapai visi lembaga TPQ dalam membentuk generasi Qur’ani, cerdas, berprestasi dan berkarakter Islami.“Hasil penilaian dan kategori lulus atau tidak akan diumumkan beberapa hari kedepannya setelah pelaksanaan pra munaqosah dan para santri yang dinyatakan lulus Insya Allah akan diwisudakan pada tahun 2019 ini” ujarnya. (Badril Umam)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password