Kenapa Dengan Predikat WBBM Polres Jember ??

JEMBER- TIM Serena Polri Biro Reformasi Birokrasi Polri (RBP) melakukan evaluasi Polres Jember yang berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kemenpan-RB. Kedatangan Tim tersebut untuk menentukan layak atau tidaknya Polres menyandan predikat WBBM, kamis (24/1/2019).

Ketua Tim Serena Polri RBP Kombespol Meilina Diirianti bersama AKBP Sajimin mengatakan kalau timnya datang ke Polres Jember dalam rangka evaluasi predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). “Tidak mudah untuk mempertahankan predikat tersebut, banyak konsekuensi yang harus dilakukan oleh jajaran Polres Jember, melihat kinerja Polres Jember, saya optimis Polres Jember bisa mempertahankan predikat WBBM,” katanya.

Komitmen pimpinan, komitmen Kapolres beserta jajaran Polres Jember untuk mempertahankan predikat WBBM, Polres Jember bukan memberikan pelayanan biasa tetapi memberikan pelayanan prima atau terbaik untuk masyarakat diwilayah Jember. “Pelayanan kepolisian itu yang simpatik, tidak boleh sombong, tidak boleh tinggi hati, tetapi harus memiliki derajat yang sama dengan masyarakat, karena Kepolisian adalah pelayan,” kata Kabag Sisinfolap Biro RBP Serena tersebut.

Apapun yang Polres Jember lakukan, itu harus mendapatkan apresiasi dari masyarakat, karena tidak ada gunanya memberikan pelayanan terbaik, kalau masyarakatnya tidak merasakan kehadiran Polres Jember di tengah-tengah masyarakat. “Semua itu sudah dilakukan oleh Polres Jember yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember,” tutur Ketua Tim Serena Polri Biro RBP.

Tim Serena Polri Biro RBP dibagi menjadi dua yaitu di Jember dan Sidoarjo. Satlantas Polres Jember merupakan salah satu implementasi dari Polres Jember yang sudah berpredikan WBBM, karena kalau Polres Jember tidak memiliki predikat WBBM, jelasnya Satlantas Polres Jember tidak akan memiliki pelayanan prima yang terbaik. “Yang diharapkan dari kami dari Mabes Polri adalah pelayanan yang terbaik mulai dari sarana prasarana, fasilitasnya, SDMnya, dan petugasnya, dan yang sudah masuk ke Satlantas sudah di sortir, yang masuk adalah pemohon langsung bukan yang lain-lain,” tuturnya.

Polres Jember sudah menerima predikat pertama yaitu WBK dan kedua WBBM, sehingga sesuai dengan peraturan Menpan RB harus dilakukan evaluasi setelah 2 tahun, tujuannya evaluasi adalah untuk merekomendasikan kepada Mabes Polri dan Kemenpan RB terkait masih dipertahankan atau tidak gelar predikat WBK dan WBBM oleh Polres Jember. “Kita menindaklanjuti peraturan Kemenpan yaitu mengevaluasi Polres yang menerima predikat WBK dan WBBM layak dipertahankan apa tidak predikat tersebut,” tegasnya.

Sedangkan menurut Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo bahwa Tim Serena Polri Biro RBP melakuka evaluasi di beberapa Polres yang mendapat predikat WBBM. Hasil dari tim tersebut di bentuk sebuah rekomendasi kepada Mabes Polri maupun Kemenpan RB. “Rekomendasi itu akan menentukan, apakah Polres tersebut masih layak atau tidak menyandang predikat WBBM,” katanya.

Kapolres Kusworo berharap Polres Jember masih bisa menyandang gelar predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani, agar bisa terus melayani masyarakat dengan lebih baik lagi. “Kita sudah berupaya maksimal dan bermohon semoga kita masih bisa menyandang predikat WBBM untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi,” harapannya. (samsul)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password