Jember Specta Culture Menjadi Ajang Gali Potensi Kecamatan

JEMBER- Jember Specta Culture yang memasuki di hari kedua bertempat di Kecamatan Arjasa, tepatnya dilapangan Desa Biting, Kecamatan Arjasa. Pagelaran tersebut untuk menggali potensi di masing-masing wilayah Kecamatan, mulai dari potensi pertanian, perkebunan, budaya, sampai dengan UMKM yang memanfaatkan potensi asli wilayah tersebut.

Camat Arjasa Ir. Herwan Agus Darmanto mengatakan bahwa kegiatan malam ini menampilkan potensi yang ada di 5 Desa di Kecamatan Arjasa, termasuk juga produk-produk lokal yang sekarang ini dipamerkan. “Budaya du Kabupaten Jember khususnya Kecamatan Arjasa ini sangat luar biasa dan ini potensi-potensi ini nantinya akan menjadi destinasi-destinasi wisata yang menjadi kebanggaan Jember,” katanya.

Salah satu hasil produk minuman olahan khas Desa Kemuningsari atau wilayah rembangan yaitu teh jahe, dan produknya sangat luar biasa disukai oleh pengunjung dari luar kota, termasuk kerajinan dari olahan plastik bekas, yang dimanfaatkan menjadi tikar. “Produk asli olahan dari plastik yang diolah menjadi tikar ini sudah banyak pesanan dari kota-kota lain,” kata Herwan terkait produk yang adadi Kecamatan Arjasa.

Potensi-potensi lokal yang berada di Kecamatan Arjasa akan menjadi perhatian khusus bagi Kecamatan, untuk mengembangkan dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar bisa lebih berkembang. “Saya berharap acara seperti ini bukan hanya sekali saja, kalau bisa diselenggarakan setiap bulan, karena bisa menjadikan ajang unjuk seni dan potensi lokal UMKM bagi masyarakat dan generasi muda,” harapnya. (samsul)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password