Mau Tau Kapan Masa Tanam Padi ??

JEMBER- Masa tanam padi sudah dimulai dengan datangnya musim penghujan. Kementrian Pertanian dan Perbangkan bersama ratusan petani menghadiri acara Gerakan Musim Tanam OkMar (Oktober-Maret) di Desa Jatisari Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember, rabu (5/12/2018).

Menurut Bupati Jember dr. Faida bahwa dalam musim tanam kali ini sangat istimewa, karena adanua akses lembaga keuangan yang bersinergi dengan para petani, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI kini menyasar kepada para petani, dimana KUR biasanya sering kepada UMKM dan Toko Kelontong. “Ini yang pertama kalinya di Jember mendapatkan KUR, 40 petani ini bisa memberikan contoh kepada petani lainnya yang selama ini terkendala modal dalam cocok tanam,” katanya.

Bupati berharap dengan adanya bantuan dana KUR dari BNI, bisa memberikan kesejahteraan kepada petani dengan hasil padi yang lebih meningkat, dengan mengucurnya KUR dari Bank BNI tersebut, menunjukkan kalau perbankan juga mempunyai kepedulian terhadap perekonomian kerakyatan. “Petani tidak lagi bingung dengan modal untuk tanam padi, saya berterimakasih kepada Bank BNI telah menunjukkan kepeduliannya kepada petani Jember yang sudah memberikan KUR,” ujarnya.

Kepala Divisi KUR bank BNI 46, bambang Setyoatmojo menyampaikan bahwa program KUR untuk petani, merupakan program pemerintah pusat bekerjasama dengan BUMN dalam hal perbankan, petani sudah dikenalkan dengan kartu Tani yang fungsinya adalah adanya bantuan stomulan dari pemerintah, dengan diberi kemudahan permodalan. “KUR yang diberikan tidak dengan cara tunai, tetapi stimulan yang includ di dalam Kartu Tani, ketika petani membutuhkan pupuk maka tinggal gesek kartu tani ke kios pupuk yang ada di sekitarnya, tiap kartu tani yang mendapatkan KUR sebesar 14 juta,” katanya.

Perlu diketahui bahwa Bupati Faida, Kepala Divisi KUR bank BNI, Camat Jumari, Pasi Intel Kodim 0824 Jember, Kapolsek Jenggawah, dan Kepala Desa Jatisari secara simbolis menanam padi di sawah sebagai tanda mulainya Gerakan Musim Tanam bulan Oktober-Maret. (*)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password