Mau Tau Apa Itu Islam Nusantara??

JEMBER- Kesalah pahaman masyarakat dengan Islam Nusantara, yang lagi gencar bergulir di masyarkat. Islam Nusantara adalah bagaimana memahami Islam yang selalu bersinergi dan selalui akomodatif dengan nilai-nilai budaya, senin (19/11/2018).

Menurut Wakil Bupati Jember Drs. Abdul Muqit Arief bahwa pemahaman seperti ini menjadi sangat penting. Titik akhir pemahaman ini dalam rangka mempertahankan NKRI. “Padahal, Islam Nusantara itulah yang sangat cocok untuk keindonesiaan kita,” katanya saat menghadiri Rapat Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Sedangkan menurut Prof. Dr. M. Noor Harisuddin, M. Fil. I. dikukuhkan sebagai Profesor dalam bidang Ilmu Usul Fiqih. Fiqih Nusantara menjadi sesuatu yang bisa mengharmoniskan dan menyelaraskan agama, negara, dan adat. Dengan menjadi bagian dalam Fiqih Nusantara, kita bisa menjadi seorang muslim, tidak ada pertentangan antara Jawa, Indonesia, dan muslim. “Ketiganya bisa diselaraskan dengan Islam Nusantara dan Fiqih Nusantara,” katanya.

Menurut Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E M.M bahwa sekarang sedang berada di posisi gerakan-gerakan yang melanggar ideologi bangsa, yang dapat menyebabkan hancurnya NKRI dengan mengatasnamakan agama. Pada tahun 1936 Nahdlatul Ulama (NU) menyebutkan, Darul Islami atau negara atau wilayah Islam, bukan negara khilafah. “Fiqih Nusantara dapat digunakan dalam menguatkan hukum di Indonesia,” katanya. (*)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password