3 Bule di Deportasi Oleh Kantor Imigrasi Tingkat II jember

JEMBER- Kantor Imigrasi Tingkat II Jember mendapatkan tiga orang warga asing yang melakukan pelanggaran keimigrasian, ketiga orang tersebut di deportasi ke masing-masing negaranya, Jumat, (10/8/2018).

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember Kartana bahwa ketiga Warga Negara Asing (WNA) tersebut dari dua Kabupaten yaitu 2 orang berada di Kabupaten Situbondo dan 1 orang di Banyuwangi. “2 orrang warga Thailand, dan 1 warga Jerman,” katanya.

Ketiga WNA asal Thailand tersebut melanggar pasal 75 dan yang WNA asal Jerman melanggar pasal 78 ayat 2 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian yang menyatakan bahwa orang asing pemegang izin tinggal yang telah berahir masa berlakukanya dan masih berada dalam wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dari batas waktu izin tinggal dikenakan tindakan administrasi keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

Kedua WNA asal Thailand bernama Kusoi dan Al-Imron Sa Mae yang masuk melalui Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada tanggal 12 Juli 2017 menggunakan visa kunjungan. “Mereka selama ini tinggal di Pondok Pesantren Wali Sogo Kabupaten Situbondo dalam rangka mengikuti pendidikan,” kata Kartana.

Sedangkan WNA asal Jember yang bernama Daniela Hempel masuk ke Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Juanda pada tanggal 27 Juni 2018, WNA tersebut diamankan dari kediamannya di Licin Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Rumah Pohon Ijen Shelter Banyuwangi. “Dirinya bekerja sama dengan WNI mengelola Rumah Pohon Ijen Shelter Banyuwangi,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Jember.

Daniela Hempel bukan hanya tinggal saja di Kabupaten Banyuwangi melainnya juga mengelola Rumah Pohon yang disewakan kepada pengunjung wisatawan asing maupun wisatawan lokal, layaknya seorang investor. “DH kita deportasi dan penangkalan dikarenakan menyalahi pasal 75 Undang-undang nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” tegas Kartana. (Samsul)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password