Pembayaran Nontunai Untuk Support WTP Pemkab Jember

JEMBER- Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih Pemkab Jember, harus bertahan untuk tahun-tahun berikutnya. Agar bisa kembali meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI), Dinas Perhubungan (Dishub) Jember menyiapkan pembayaran nontunai untuk pelayanan uji kir.

Pembayaran nontunai yang disebutnya e-Money, sudah disiapkan dengan salah satu perbankan. Teknisnya, pemilik kendaraan yang akan diuji kir, bisa langsung menggesek pembayaran retribusi dari kartu ATM atau e-Money Dishub Jember. “Kami gagas program e-Money, supaya tidak ada kebocoran setoran untuk PAD,” tutur Plt Kepala Uji Kir Dishub Jember, Erry Astono.

Konsep e-Money Dishub Jember, bisa dengan sistem gesek langsung transfer. Namun, ATM harus sesuai dengan bank mitra yang ditunjuk. Semisal tidak memiliki ATM sesuai bank, bisa membeli kartu e-Money dengan harga dan nominal saldonya sama.

Kata Erry, pembayaran non tunai salah satu upaya menghindari pungutan liar (Pungli) berkedok bayar lebih. Selain itu yang pasti, pengguna jasa uji kir bisa membayar retribusi dengan tepat, sesuai nominal yang sudah diatur. “Selain itu, kami menawarkan akuntabilitas seperti salah satu yang disyaratkan WTP,” katanya.

Sehingga kata Erry, teknis non tunai yang pembayarannya langsung terkirim ke kasda, akan lebih bagus pertanggungjawabannya. Sehingga dalam sisi akuntabilitas, bakal lebih meyakinkan. “Terlaporkan secara otomatis dan selalu up date,” terangnya.

Diakui Erry, pelayanan uji kir yang dipimpinnya, pada tahun 2018 ditarget harus mampu menghimpun duit PAD hingga Rp 1,5 miliar. Tentu, nominal sebesar itu, dikhawatirkan akan mengganggu iman petugasnya. Namun dengan pola pembayaran non tunai, dipastikan semuanya bisa aman.

Sementara itu, Kepala Dishub Jember Isman Sutomo, menilai semangat Tegak Lurus Bupati Faida, sudah merepresentasikan pelayanan anti pungli dan tentunya tidak boleh korupsi. Namun niat mulia tersebut, harus didukung dengan sistem yang tajam. (*)

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password