Sroedji Kembali Diuji Kepahlawanannya

Caption : Pegiat Sejarah Jember Menggagas Strategi Sreodji Jadi Pahlawan Nasional

JEMBER, Indikator – Menjadi pahlawan nasional, Letkol Moch. Sroedji, memang kurang selangkah. Supaya Jember memiliki gelar pahlawan nasional, pegiat sejarah di Jember kembali merancang strategi mewujudkan mimpi gelar pahlawan.

Kepala Badan Perwakilan Provinsi Jatim Wilayah V di Jember, Tjahjo Widodi, saat diskusi di Kafe Sejarah Tamara Jember menilai bahwa Letkol. Moch. Sroedji, sudah layak dinilai sebagai pahlawan nasional. “Cuma ironisnya, Letkol Moch. Sroedji dinilai belum banyak dikenal,” katanya.

Padahal baginya, kepahlawanan Letkol Moch. Sroedji, seharusnya sudah diketahui semua warga Jember. Sehingga katanya, tugas warga Jember bersama-sama mengkampanyekan sosok Letkol Moch. Sroedji. “Bahkan di kantor kami, ada gedung yang kami usulkan ke bapak Gubernur Soekarwo dengan nama Letkol. Moch. Sroedji,” pungkasnya dengan disambut tepuk tangan.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol (Inf) Rudianto, juga memberi beberapa usulan memasyarakatkan nama Letkol. Moch. Sroedji, sebagai pahlawan nasional. “Kalau perlu, buat lomba-lomba supaya nama Letkol. Moch. Sroedji, dikenal semua masyarakat Jember,” usulnya.

Katanya, saat ini sudah banyak salah persepsi di kalangan anak-anak. Saat ditanya pahlawan nasional, bahkan ada yang menyebut nama Spiderman. “Seperti ini ironi. Jatidiri bangsa harus dikembalikan kejayaannya,” pintanya.

Awa Raharjo, owner Pena Nusantara, menyetujui usulan Komandan Kodim Letkol (Inf) Rudianto. Bahkan dia juga memiliki gagasan, mengajak jurnalis lokal di Jember merancang lomba menulis sosok Letkol. Moch. Sroedji. “Saya menilai lomba menulis tepat dan efektif. Apalagi, sampai di tulis di media masa,” ujarnya.

Irma Devita, cucu Letkol. Moch. Sroedji, juga akan terus berjuang mengantarkan kakeknya untuk menjadi pahlawan nasional. Bukan untuk keluarga pribadinya, namun lebih untuk menginspirasi gerakan menghargai pahlawan bangsa. (Samsul) 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password