Mobil Dinas Wajib Diuji Emisi

JEMBER – Sejumlah mobil berplat merah berjejer di depan Kantor Pemkab. Satu-persatu, knalpot mobilnya dimasukkan alat penguji emisi yang terintegrasi dengan komputer. Satu menit diuji, hasilnya bisa diketahui.

Selain mobil berplat merah, mobil dinas kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan dan instansi lainnya, ikut berpartisipasi dalam uji emisi yang digagas Dinas Perhubungan Jember. Bahkan, sejumlah klub mobil di Jember ikut terlibat.

Kepala Dinas Perhubungan Isman Sutomo, sengaja menggelar uji emisi untuk mengetahui gas buang kendaraan bermotor di Jember. Sebab faktanya, setiap tahun jumlah kendaraan bertambah dan polusinya pun semakin rawan. “Kami memulai dari sosialisasi,” tuturnya.

Pihaknya juga bakal menggelar uji emisi semacam itu secara priodik. Bahkan, angkutan umum bakal menjadi sasaran uji emisi berikutnya. “Salah satu dari lima aspek pengujian pada gas buang,” jelasnya.

Diakui mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Jember, kegiatan yang digelasnya bagian dari wujud menciptakan Jember bebas polusi. (ref)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password