Sekolah Harus Berciri Khas

JEMBER – Setiap sekolah harus memiliki ciri khas. Bahkan, perlu juga mampu meningkatkan pengembangan diri pada setiap siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 1 Tanggul.

Kepala SMPN 1 Tanggul Muhammad Ghozali, sekolahnya mulai mendisain pendidikan entrepreneur. Bukan hanya materi, melainkan lebih pada aplikasinya. “Kami sudah mengembangkan bidang percetakan. Anak didik kami ajarkan membuat pin, id card, mug dan kaus bergambar foto pesanan, hingga sablon kaus bercorak batik,” ungkapnya.

Kata Ghozali, hasil karya siswanya mereka jual pada setiap kegiatan yang diikuti sekolah. Seperti pameran pendidikan dan pagelaran HUT SMPN 1 Tanggul yang ke-39, Sabtu (9/4) kemarin. Bukan hanya mengembangkan keterampilan siswa, sekolah tersebut juga mendorong siswanya berkreasi di bidang keilmuaan. “Kami juga berhasil mengajarkan anak-anak menemukan energi listrik alternatif dari belimbing wuluh,” katanya bangga.

Semangat Ghozali itu mendapat apresiasi Kepala Bidang Sekolah Menengah Dispendik Jember, Tatang Prianggono. Katanya, setiap sekolah idealnya memiliki potensi yang menjadi fokus garapannya. (ref)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password